Translate

Kamis, 11 Oktober 2012

Kunci Jawaban & Pembahasan Try Out Nasional STIS 2012 / 2013

KUNCI DAN PEMBAHASAN BAHASA INGRRIS
1. C. Pada kalimat sebelumnya, “are..going to..”, dapat dilihat bahwa kalimat tersebut menyatakan sesuatu yang akan terjadi (future).
2. A. The future perfect progressive, menekankan durasi dari suatu aktivitas yang berlangsung sebelum waktu atau kejadian lain di masa depan.
3. D. Pada kalimat sebelumnya menunjukkan suatu kejadian lampau. Sehingga verb pada jawaban pun menjadi v2 dan kata “had” menyatakan “telah”.
4. B. Jika ada dua aktivitas yang terjadi secara berturutan pada waktu yang lampau, maka peristiwa yang terjadi lebih dulu dinyatakan dengan past perfect atau past perfect continuous tense.
5. C. Dalam makna soal tersebut harus lah bentuk passive, dan karena subject nya singular (it) maka jawaban yang paling tepat yaitu C.
6. B. Jawabannya yaitu such, karena “such” harus diikuti dengan noun, sedangkan “so” tidak bisa diikuti dengan noun, hanya bisa diikuti dengan adjective dan adverb.
7. C. Kata ‟strategical‟ bukan bentuk kata sifat yang benar dari kata strategy. Kata sifatnya yang benar adalah strategic. Dengan demikian pilihan jawaban yang menggunakan kata „strategical‟ semuanya salah dalam kalimat pasif. Keterangan cara (manner), strategically dapat diletakkan antara to be dan V3 untuk menekankan makna.
8. B. Untuk mengungkapkan hal yang lebih disukai digunakan would rather + v1.
9. D. Pola kalimat causative get dengan objek aktif yaitu get + objek + to verb .
10. B. Karena terdapat kata “both of teams…”
11. B. Pada kalimat passive, “objek” pada kalimat aktif menjadi “subjek” di kalimat pasif.
12. C. Bentuk lampau dari buy adalah bought.
13. B. Terdapat kata “..are…” yang menunjukan kalimat tersebut merupakan present continuous.
14. B. Karena the Philipines merupakan subjek dalam kalimat, maka verb ditambahkan huruf “s” setelahnya.
15. E. Keterangan waktu next semester dan by that time digunakan dalam future perfect tense (will have + V3/been ).
16. C. Fakta dari kalimat pengandaian tersebut adalah : „karena terjadi penghentian selama lebih dari tiga puluh menit, pertunjukan kita tidak sukses‟. Tersirat dari kenyataan ini adalah kita sangat kecewa (karena tidak sukses).
17. A. Yang melakukan aktivitas having read the document adalah the manager.
18. C. Konjungsi yang tepat adalah otherwise (jika tidak).
19. D. Would have lost
20. B. Mengekspresikan suatu kejadian yang tidak akan terjadi, tapi masih mungkin terjadi.
In event that dan in case memiliki arti yang sama, hanya saja in event that lebih sopan.
21. E. Menyatakan sebab dari suatu kejadian, dan pengharapan bahwa sebab tersebut tidak terjadi.
Kunci Jawaban & Pembahasan Try Out Nasional STIS 2012 / 2013 2
22. A. Of organizing
23. B. Cry
24. C. Direct speech.
25. E. Since : semenjak, sejak.
26. A. May : menyatakan kemungkinan.
27. B. Would rather : menyatakan preference ( pilihan atau sesuatu yang dipilih)
28. D. Bad : buruk, Worse : lebih buruk, Worst : paling buruk, (menyatakan tingkatan perbandingan/ comparison)
29. A. Kalimat tersebut merupakan Question tag, sehingga apabila kalimat awalnya berupa positif, akhirannya berbentuk negative.
30. C. A few : sedikit, beberapa (untuk sesuatu yang dapat dihitung atau memiliki satuan, contoh : minute, people, etc). A little : sedikit, beberapa (untuk sesuatu yang tidak dapat dihitung/ abstrak dan atau tidak memiliki satuan. Contoh : information, knowledge).
31. A. Relative pronoun untuk menggantikan orang (a man) sebagai objek (she hardly knows the man) adalah „whom‟.
32. E. Dari segi makna kata tanya yang tepat adalah „how‟.
33. E. Untuk menyatakan keadaan pada saat sekarang digunakan present subjunctive yang selalu menggunakan kata kerja bentuk past tense dan to be untuk semua pronoun adalah were.
34. C. Karena makna dalam pernyataan tersebut adalah kepastian maka harus must + have + v3.
35. A. Ungkapan Tati didn’t either menunjukkan bahwa Tati juga tidak menyukai film sebagaimana Yanti.
36. A. Persegi yang satu sisi dikurangi 20% dan satu sisi lainnya ditambah 20%. Luasnya menjadi 80% x 120% = 9600% Dari luas awal 10000%. Sehingga luasnya hanya berkurang 4%.
37. C. Urutkan data dari yang terkecil sampai yang terbesar sehingga didapatkan: -50, -30, -10, 20, 30, 40. Median merupakan nilai tengah dari sekumpulan data yang telah diurutkan dari terkecil ke yang terbesar. Yang merupakan median adalah (-10+20)/2 = 5. Rata-rata dari data tersebut adalah [-50 + (-30) + (-10) + 20 + 30 + 40]/6 = 0 , A = 5 dan B = 0, sehingga A + 2012B = 5 + 20120 = 5 + 1 = 6
38. C. Jika harga dinaikkan 20% maka banyak coklat yang dapat dibeli dengan uang yang biasanya untuk membeli 200 coklat adalah: 200 – (200 x 25%) = 200 – 50 = 150 coklat
39. A. Diskon:  harga: 50 – 10 = 40. Sehingga
40. D. Even number = bilangan genap. Odd number = bilangan ganjil.
41. D. Chooped berarti dipotong, sedangkan stewed = direbus, roasted = dipanggang, bought = dibeli, cooked = dimasak. Jadi arti yang paling mendekati dari kata tersebut adalah cut yang berarti dipotong
42. E. Dalam konteks kalimat diatas, confident = percaya diri. Sedangkan despressed= murung, Sure= Yakin, Ecstatic = Senang sekali, Uncertain = Tidak menentu . Jadi arti yang berlawanan adalah Timid= Malu-malu
Kunci Jawaban & Pembahasan Try Out Nasional STIS 2012 / 2013 3
43. A. Extensive = luas
A. Large in amount = besar dalam jumlah
B. Done quickly =dilakukan dengan cepat
C. Far away = jauh
D. Very deep =sangat dalam
E. With detail = mendetail
44. C. Traumatic = trauma
A. Rare = langka
B. Soiling= mengotori
C. Painful= menyakitkan
D. Interesting =menarik
E. Absurd =konyol
45. C. Bland = Ringan
a. Spicy = pedas
b. Varied = bervariasi
c. Mild = ringan
d. Stir = mengaduk
e. Heavy = berat
46. E. Impetuous = Terburu Nafsu. Sedangkan illustrious= Termahsyur, Immune= Terlindungi, Impolite = Kasar, Implisit = Tersirat . Jadi arti yang mendekti adalah Impulsive = Mengikuti kata hati/nafsu
47. E. Dalam konteks kalimat diatas, Run into = Yang ditemui diluar perkiraan. Sedangkan forget to do = Dilupakan untuk dilakakukan, pay for = yang dibayar untuk, add on = yang ditambahkan, walk into = berjalan ke dalam. Jadi arti yang paling mendekati adalah meet unexpectedly = ditemui diluar perkiraan.
48. D. Dalam konteks kalimat diatas, chargin = Perasaan terhina/mengecewakan. Sedangkan Indifference = Pengabaian, Suprise = Terkejut, Anger = Marah, Calm = Tenang. Jadi arti yang paling mendekati adalah Humiliation = terhina
49. D. Dalam konteks kalimat diatas, Shrewd= Pintar/cerdik. Sedangkan Amateur= amatir, Tyro=, Thirfty, Professional = professional . Jadi arti yang berlawanan adalah stupid = bodoh.
50. A. Dalam konteks kalimat diatas, adequate = memadai. Sedangkan Abundant= melimpah, Enough= cukup, Power = kekuatan, Redundant = mubazir . Jadi arti yang berlawanan adalah Insufficient = Tidak memadai.
51. A. Seperti yang terdapat dalam wacana paragraf 1 baris 1, “melalui percobaan-percobaan yang dilaksanakan dengan menggabungkan bahan-bahan kimia”
52. C. Main idea pada paragraf 2 adalah informasi yang benar dan lengkap untuk mengawasi penyakit-penyakit tanaman diperlukan oleh petani
53. E. Yang diperlukan para petani sebelum mereka menggunakan pestisida dalah informasi dalam menggunakan pestisida (Valuable information in using pesticides)
54. B. Lawan kata dari proper (tepat) adalah wrong (salah)
55. C. Teks tersebut lebih banyak menceritakan reaksi masyarakat terhadap bank yang dilikuidasi.
56. B. Pikiran utama paragraf 4 adalah pemerintah telah mengantisipasi reaksi masyarakat
57. C. Pernyataan terdapat di dalam wacana paragraf terakhir.
58. E. Keseluruhan isi wacaaa manceritakan tentang campur tangan manusia dalam komunitas alam (paragraf  3). (The interference of man with natural communities).
Kunci Jawaban & Pembahasan Try Out Nasional STIS 2012 / 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer